Laman

Sabtu, 15 Agustus 2009

QIRAATI DI PAPUA

Sedikitnya 17 santri dan santriwati se Kabupaten Biak Numfor, Papua, Minggu, mengikuti "khataman" (menamatkan) bacaan Al-Qur`an dengan metode qiraati yang pertama kalinya diadakan di Masjid Al-Mukminin Biak.

Biak, 31/5 (Roll Sports) - Sedikitnya 17 santri dan santriwati se Kabupaten Biak Numfor, Papua, Minggu, mengikuti "khataman" (menamatkan) bacaan Al-Qur`an dengan metode qiraati yang pertama kalinya diadakan di Masjid Al-Mukminin Biak.

Acara khataman qiraati dihadiri sekitar 400 orang kaum muslim dari sejumlah kampung dan distrik dengan menampilkan atraksi santri menjawab berbagai pertanyaan para tokoh agama Islam maupun Ketua Pengadilan Agama Biak, Drs Syamsul Bahri SH, MH.

Ustad Riyanto, salah pengajar metode qiraati, mengatakan metode qiraati atau belajar membaca Al-Qur`an secara bacaan yang tepat itu baru berjalan tiga tahun di Taman Pendidikan Al-Qur`an (TPQ).

"Metode qiraati sudah dipelajari para santri di TPQ. Tahapan dalam metode qiraati dimulai dengan mengenal huruf, membedakan panjang pendek bacaan, hingga membaca cuplikan ayat Al-Qur`an," katanya.

Ia menyebutkan membaca Al-Qur`an dengan metode qiraati itu memberikan kemudahan dan mendorong para santri dapat dengan tepat menyebut huruf Alquran.

"Dengan belajar qiraati diharapkan menambah ilmu pengetahuan dan juga dapat menanamkan wawasan keislaman kepada anak-anak sejak usia dini. Mari kita kembangkan wawasan keislaman putra-putri kita sejak usia dini," katanya.

Sementara itu, Ustad Abdul Wahid, pemuka agama Biak, mengingatkan agar umat Islam terus memperkuat serta meningkatkan pendidikan keislaman anak-anaknya dengan menanamkan pendidikan keislaman sejak dini melalui belajar Al-Qur`an dengan qiraati.

"Metode qiraati meski baru diterapkan di kalangan santri tetapi saat ini menghasilkan lulusan perdana mencapai 17 orang, ya sebagai orang tua tentu sangat bersyukur karena putra putrinya mampu membaca Al-Qur`an berdasarkan tajwid yang benar," katanya.

Di tengah hunaj yang mengguyur kota Biak, acara khataman qiraati belasan santri di Kabupaetn Biak Numfor berjalan dengan hikmad.(M039/

1 komentar:

  1. maaf boleh tau siapa admin dari blog ini, saya adalah salah satu siswa yang mengaji asuhan kakak-kakak yang mensponsori berdirinya masjid al mukminin biak ( semoga pakde ichsan diberkahi di sisi Allah )

    BalasHapus